China selama ini telah lama memiliki
perusahaan yang mampu memproduksi gadget populer di seluruh dunia.
Sayangnya, produk teknologi dari negara itu jarang dipandang sebagai
yang terdepan. Namun, sekarang tampaknya hal itu mulai berubah, karena
saat ini sudah semakin banyak perusahaan teknologi China yang sanggup
menjadi penantang perusahaan pemimpin pasar di bidang telekomunikasi,
perangkat mobile, dan layanan online.
Untuk menjaga produk mereka agar dapat
bersaing di pasar global, banyak perusahaan China yang mempekerjakan
eksekutif dari perusahaan-perusahaan teknologi AS, serta melakukan
kampanye pemasaran yang agresif yang menampilkan bintang olahraga dan
selebriti internasional.
Meskipun begitu, perusahaan China masih
menghadapi masalah persepsi bahwa produk mereka tidak berkualitas tinggi
atau tidak dapat diandalkan seperti milik perusahaan lain. Bahkan
beberapa pesaing asing telah menuduh bahwa pemerintah China telah
memberikan subsidi dan kontrol atas pasar mata uang yang tidak adil
untuk membuat harga produk China menjadi sangat murah.
Tapi, banyak eksekutif di
perusahaan-perusahaan Cina dan Barat berpendapat bahwa sektor teknologi
China sudah mengalami banyak peningkatan sumber daya, bakat, inovasi,
dan kemampuan keuangan yang dapat digunakan untuk dapat memegang
kekuasaan pasar industri teknologi global di tahun-tahun mendatang.
Munculnya industri teknologi China
sebagian besar didorong sebagian peningkatan investasi untuk melakukan
penelitian dan pengembangan (R&D). Menurut sebuah studi yang dirilis
pada bulan Desember oleh Battelle Memorial Institute, dana R&D di
China kemungkinan akan mencapai USD 284 miliar pada tahun ini, naik 22
persen dari tahun 2012. Jumlah peningkatan itu jauh lebih besar dari AS
yang hanya meningkatkan dana R&D sebesar 4 persen menjadi USD 465
miliar untuk periode yang sama.
Post a Comment